Sunday 5 October 2014

Hari Raya Idul Adha 1435 H



 Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha juga disebut sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji. Karena untuk memperigati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim (Abraham) yang bersedia mengorbankan putranya yang bernama Ismail untuk Allah. Ismail rela dan bersedia untuk dikorbankan, tetapi saat hendak di sembelih, Allah menggantikannya dengan hewan domba.
                Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan djulhijjah merupakan hari Tasyrik diharamkan berpuasa bagi umat Muslim. Pada pagi harinya umat muslim di seluruh dunia biasa berkumpul di masjid atau tanah lapang seperti yang di lakukan pada shalat idul fitri untuk menjalankan shalat ied dan akan di lanjutkan untuk memotong hewan kurban dan di bagi-bagikan kepada orang-orang yang kurang mampu.
                Tapi kenapa di hari besar ini malah jadi permasalahan bagi sebagian orang di Indonesia karena perbedaan pelaksanaan Idul Adha? Padahal  para ulama tidak melarang adanya perbedan pelaksanaan Idul Adha. Walaupun permasalahan ini tidak terlalu besar, tapi ada saja orang yang membicarakannya.
                Biasanya ada saja kejadian-kejadian menarik pada saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Salah satunya hewan kurban yang mengamuk pada saat hendak di sembelih. Seperti yang terjadi di Masjid At-taqwa ujung harapan-Bekasi. Hewan yang hendak di sembelih berjalan mundur hingga masuk kedalam saluran air (Got) dan akhirnya terpaksa langsung di sembelih di tempat karena panitia penyembelihan tidak kuat untuk mengangkat sapi yang masih hidup itu.
                Nah di SMA Negeri 1 Babelan sendiri baru besok di adakan penyembelihan hewan kurban. Gimana kalau di tempat kalian? Semoga saja hari besar ini di isi dengan kegiatan-kegiatan positif ya :) Selamat hari raya Idul Adha untuk seluruh umat Muslim di dunia :)


(Penulis: Fitri Sigma)

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Sigma Magazine - Sarana Informasi & Tekonologi Majalah SMA